Graph Search : search engine di dalam Facebook

Graph Search adalah search engine di dalam Facebook yang hasil pencariannya diambil dari informasi yang kita sharing di Facebook. Berbeda dengan search engine yang lain, algoritma Graph Search pada dasarnya mengacu kepada apa yang sudah kita lakukan, apa yang teman-teman kita lakukan dan mereka publikasikan di Facebook.

images

Perbedaan yang mendasar dari Graph Search dengan Google misalnya, selain lingkaran Graph Search lebih kecil (karena berada di dalam Facebook), tetapi, by default, Graph Search akan mengeliminasi pencarian by the ‘most popular’ seperti yang Google selama ini lakukan. Graph Search meniadakan hasil pencarian dari orang-orang yang tidak kita kenal. Mesin pencari dari Facebook ini sungguh merupakan social search engine karena mencari apa yang ‘terdekat’ dengan kita.

Jelas sekali tujuan dari Graph Search adalah untuk memberikan pengalaman seach engine yang lebih baik, lebih relevan dan lebih personalized. Secara khusus, Graph Search akan fokus kepada empat area besar di Facebook : people, photos, places dan interests. bagaimana Facebook akan ‘monetize ‘  Graph Search? Kata kuncinya adalah : lokalisasi (dalam artian positif). Internet ke depan akan lebih personalized, custom dan local.

 

Leave a comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *