Menentukan CTR Facebook Ads

Mengalihkan bisnis dari bisnis offline ke bisnis online adalah salah satu tanda naiknya level di bisnis yang dijalani, dan mempromosikan produk dari yang manual beralih dengan cara beriklan juga sama halnya menaikkan level ke level terbaik dari level sebelumnya di bisnis yang dijalani. Bisnis yang baik, membutuhkan strategi yang baik dan tepat pula untuk dijalankan, sama halnya seperti beriklan di Facebook yang membutuhkan strategi khusus, seperti contohnya strategi menentukan CTR Facebook Ads.

email-open-rate

Kita tentunya tahu bahwa saat memulai beriklan di Facebook perlu dibutuhkan coba dan gagal untuk mendapatkan winning campaign. Dan setiap orang tentunya memiliki waktunya tersendiri untuk mendapatkan sebuah winning campaign, bisa 1 minggu, bisa 2 minggu, bahkan ada yang bisa 1 tahun, tergantung dari seberapa bagus strategi yang dilakukannya.

Di dalam Facebook Ads, tentunya ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk melihat apakah sebuah campaign perlu dilanjutkan atau tidak, bagus atau jelek, menguntungkan atau justru merugikan. Apa pun hal tersebut, pastikan kita tidak melibatkan emosi di dalam iklan Facebook yang sedang dijalankan.

Kita perlu mengukur dan menganalisa data-data yang nantinya kita dapatkan dari iklan yang sedang berjalan, karena sebagus apa pun iklan yang sudah dipersiapkan, hanya data-data yang sudah didapat saja yang bisa memutuskan apakah iklan tersebut berhenti atau tetap lanjut.

Walaupun kita sudah kerja keras dalam membuat iklan tersebut, apabila data sudah berkata lain, maka apa boleh buat, kita harus mengganti konten iklannya atau bisa target audience nya, dan 100% reaksi orang yang melihat iklan yang menentukan iklan kita bisa lanjut atau berhenti.

Seiring dengan seringnya kita beriklan di Facebook, maka kita akan mudah cepat merasa atau mengetahui bagaimana cara mengukur tingkat penerimaan dari sebuah iklan. Namun agar kita tidak membuang-buang banyak biaya iklan di iklan Facebook kita, maka kita bisa menetapkan patokan untuk iklan-iklan Facebook kita yang lain.

Agar beriklan di Facebook hanya mengeluarkan biaya yang sedikit, namun menguntungkan, maka kita bisa melihat tips-tipsnya dari pembahasannya pada artikel yang berjudul Tips Beriklan di Facebook Ads Dengan Biaya Murah berikut ini.

Menentukan CTR Facebook Ads Agar Tidak Membuang Banyak Biaya Iklan

Kenapa kita perlu menentukan CTR Facebook Ads? Itu karena ditentukan untuk sebagai patokan, dan bisa menentukan apakah iklan lanjut atau berhenti. Menentukan CTR Facebook yang baik dan yang buruk itu mengisyaratkan bahwa konten iklan atau target nya bisa baik atau sangat buruk, yang membuat biaya iklan menjadi kecil atau besar.

Misalnya menentukan CTR Facebook Ads seperti berikut ini untuk sebagai patokan dalam beriklan :

  • CTR (0-2%) : Terkadang iklan ini bisa jadi buruk atau bisa jadi lebih buruk. Jika kita menghabiskan sekitar $50 dan tidak ada juga sales yang terjadi, maka kita bisa berhentikan iklan ini, atau bisa diganti dengan target audience lainnya, bisa juga konten iklannya yang harus kita ganti.
  • CTR (2-4%) : Bisa dilihat iklan ini baik, atau bisa juga dilihat iklan ini cukup menguntungkan. Misalkan kita sudah mengeluarkan biaya iklan lebih besar daripada pendapatan kita, maka ada baiknya berhentikan iklan ini.
    Contoh : Misal biaya iklan sudah keluar $50 namun yang kita dapatkan hanya $10, maka ada baiknya kita berhentikan iklan ini.
  • CTR (Diatas 4%) : Ini adalah iklan yang sangat menguntungkan untuk kita, ada baiknya kita biarkan iklan ini tetap berlangsung lama. Pastikan kita tidak PAUSE, atau tidak EDIT iklan ini. Biarkan iklan ini berjalan, sampai banyak sales yang berdatangan.

Setiap orang tentunya memiliki patokan dalam menentukan CTR Facebook Ads mereka, karena setiap strategi para Advertiser Facebook berbeda-beda, tidak semua menggunakan strategi yang sama.

Untuk mengetahui cara meningkatkan CTR Facebook Ads, kita bisa melihat pembahasannya pada artikel yang berjudul Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads Agar Iklan Menguntungkan berikut ini.

Jika campaign kita lihat performanya buruk, maka sekeras atau seberapa usahapun kita menciptakan campaign tersebut, tetaplah harus kita berhentikan. Karena apabila campaign tersebut membuang banyak biaya iklan kita tanpa mendatangkan sales, jadi apa boleh buat, harus kita berhentikan.

Selain menentukan CTR Facebook Ads, ada hal lainnya yang perlu kita perhatikan, yaitu Relevance Score. Facebook memberikan Relevance Score mulai dari 0-10 kepada iklan yang bagus dan relevan terhadap audience nya. Semakin besar Relevance Score nya, maka semakin bagus iklan kita dilihat oleh Facebook. Seperti contoh berikut ini :

Relevance Score 0-4 : Iklan kita dinilai jelek dan tidak relevan, maka kita harus berhentikan iklan kita.
Relevance Score 5-7 : Iklan kita dinilai baik oleh Facebook, namun ada baiknya kita lebih perhatikan iklan ini, misalkan mengeluarkan biaya iklan lebih besar namun hanya sedikit sales yang datang, maka ada baiknya kita berhentikan iklan ini.
Relevance Score 8-10 : Iklan ini sangat bagus, dan biarkan iklan ini berjalan. Bisa jadi iklan ini mendatangkan banyak sales dan menguntungkan untuk kita.

Beberapa cara menentukan CTR Facebook Ads dan juga Relevance Score diatas bisa dijadikan patokan, namun tetap saja bagus dan untung nya sebuah iklan ditetapkan dari faktor-faktor yang lain juga, seperti Landing Page, Konten Iklan, CTA (Call to Action) dan lainnya.

Apabila iklan kita mendapatkan banyak sales, namun biaya iklan kita menjadi besar, maka iklan tersebut tidak perlu kita berhentikan, biarkan saja iklan kita berjalan, namun pastikan biaya iklan tidak lebih besar dari pendapatan. Harus lebih sering-sering kita monitor iklan seperti ini.

Memang dalam beriklan di Facebook dibutuhkan coba dan gagal sampai kita mendapatkan winning campaign, hanya saja kita tidak boleh berhenti di tengah jalan, teruslah berusaha.

Leave a comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *