Meningkatkan Traffic Dengan Email List

Email list adalah sebuah aset yang sangat berharga bagi sebuah bisnis. Alasannya adalah email list dapat mendorong traffic kedalam penawaran dari bisnis kita, sehingga dapat meningkatkan jumlah sales. Setiap bisnis online apapun jenisnya, tentu membutuhkan traffic untuk meningkatkan jumlah sales.

Apapun jenis dan dimanapun kita menempatkan optin form di website kita, apabila itu tidak menghasilkan subsciber email, maka website tersebut sedang memiliki masalah pada traffic.

Bagaimana cara meningkatkan traffic website agar bisa mendapatkan banyak email list? Berikut ini ada 14 cara yang bisa kita lakukan untuk mendorong traffic website agar menghasilkan banyak subscribers.

1. Membuat Sebuah Forum

Apa yang membuat orang melakukan subscribe? Alasannya adalah karena konten yang menarik perhatian mereka. Pernahkah terpikirkan untuk membuat website forum? Banyak website forum yang memiliki banyak anggota di dalamnya, dan hal tersebut tentu saja membuat untung bagi si pemilik website.

aaeaaqaaaaaaaadlaaaajdmxymq3mjm5lwnjmzgtngyyos05n2vjlwzjn2zimzhmmwqxyg
Pemilik website mendapatkan banyak email list dari website forum yang dimilikinya. Banyak orang gabung di website forum karena mereka merasa bisa mendapatkan sebuah informasi yang bermanfaat, dan juga bisa menjalin silaturahmi. Semakin banyak orang yang mendaftar di forum yang dibuat, semakin banyak email list yang akan di dapatkan. Pastikan saja forum yang dimiliki menyajikan konten-konten yang berkualitas, kita bisa contoh website forum Kaskus.

2. Melakukan Guest Blogging

Guest Blogging sampai saat ini masih menjadi jalan yang baik untuk meningkatkan traffic website. Kita bisa melakukan Guest Blogging untuk meningkatkan traffic website agar bisa mendapatkan banyak email list. Untuk meningkatkan email list kita, bisa kita gunakan Guest Blogging untuk langsung link ke pendaftaran email di postingan kita, jangan lupa juga menyertakan Call to Action (CTA) yang menarik.

blogging-smb

3. Membuat Channel di Youtube

Youtube sudah menjadi sebuah media yang selalu dikunjungi setiap hari bagi banyak orang, banyak informasi yang bisa didapatkan disana. Youtube juga adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google, menjadikan Youtube sangat potensial sebagai media kita untuk mendapatkan banyak email list.

unnamed

Jika kita tidak memiliki Channel Youtube yang aktif (sering upload video) maka kita akan kehilangan sebuah kesempatan yang sangat besar. Keuntungan dari sering melakukan upload video di Youtube adalah bisa mendapatkan subscribers, dan juga bisa mendapatkan banyak traffic, namun pastikan dulu bahwa video yang diupload menarik.

Menarik itu seperti apa? Bisa dari segi edukasi, atau juga hiburan. Sehingga video yang di upload bisa memberikan value kepada penontonnya.

4. Mencoba Iklan PPC

Jika kita memiliki budget yang besar, bisa kita coba menjalankan PPC (Pay Per Click) untuk mendatangkan banyak traffic ke website, sehingga potensi untuk mendapatkan email list sangat besar (hanya saja pastikan kontennya bagus). Bisa kita gunakan Facebook Ads untuk menjalankan iklan yang mengarah ke website kita, namun kita harus tentukan terlebih dahulu demografis yang kita targetkan, semakin spesifik, semakin bagus email list yang didapat.

5. Menggunakan Sosial Media

traffic tidak hanya didapat dari mesin pencari, traffic juga bisa didapat dari sosial media, bisa itu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya. Namun saat menggunakan sosial media untuk mendapatkan traffic ke website, pastikan promosi yang dilakukan tidak keseringan, hanya sekitar 10% menyertakan link yang mengarah ke website dari setiap postingan yang dibuat di sosial media.

media-sosial-terbaru
Aturannya seperti ini, 4x post, 1x promosi. Semua orang tidak ingin melihat promosi di sosial media, jika keseringan melakukan promosi di sosial media, bisa saja akun yang melakukan promosi akan di unfriend bahkan di block.

6. Membuat Konten Visual yang Menarik

Konten visual bisa membantu untuk mendapatkan traffic ke website, konten visual itu sendiri terdiri dari :

  • Gambar (Image)
  • Video
  • Desain Quote
  • Screenshot
  • Infografis

Untuk konten visual yang sampai saat ini bisa mendatangkan traffic ke website adalah Infografis. Karena sebagian besar website yang menyertakan data berupa gambar di artikelnya, menggunakan gambar infografis dari orang lain.

Pastikan kita membuat infografis yang berkualitas agar banyak orang yang menggunakan gambar kita. Gambar-gambar tersebut tentunya akan memberikan kita backlink yang bisa membantu website kita menghasilkan banyak pengunjung.

7. Membuat Webinar, Cara Terbaik Mendapatkan Email List

Membuat Webinar adalah cara terbaik untuk bisa mendapatkan banyak email list. Coba saja buat webinar dan promosikan webinar tersebut di sosial media, semakin topik yang dibahas penting, maka semakin banyak yang akan mendaftar. Jika perlu, berduetlah dengan orang yang sudah memiliki nama di sosial media agar semakin banyak yang tertarik untuk mendaftar dalam webinar tersebut.

webinar

8. Membuat Sebuah Ebook

Banyak website yang mendapatkan traffic dan mulai dikenal oleh banyak orang karena Ebook. Kita bisa menggunakan Ebook untuk mendatangkan traffic ke website, dan juga mendapatkan banyak email list dari mempromosikan Ebook tersebut. Caranya? Ada 2 cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

Pertama, arahkan traffic ke sebuah artikel di website kita, dan pada artikel tersebut sertakan sebuah Ebook, Ebook disini berperan sebagai penambah informasi dari artikel yang telah dibaca oleh pengunjung.

Jika artikel yang dibaca menarik dan membuat penasaran, maka potensi pembaca untuk download Ebook tersebut semakin besar. Pembaca harus menyertakan nama dan email mereka apabila mereka ingin download Ebook tersebut.

Kedua, promosikan Ebook. Bisa mempromosikan melalui sosial media, website sendiri, atau media-media lainnya. Contoh, bisa mempromosikan melalui Facebook Ads, menggunakan objektif Lead Ads. Semakin banyak orang yang download Ebook semakin banyak email list yang didapatkan.

Untuk mempelajari bagaimana cara mempromosikan Ebook di sosial media, bisa kita baca artikel yang berjudul 4 Cara Mempromosikan Ebook di Facebook Agar Penghasilan Melimpah berikut ini.

Ebook tersebut juga bisa menjadi sebuah media untuk memperkenalkan bisnis kita ke banyak orang. Pastikan saja sertakan nama bisnis atau website didalam Ebook tersebut, semakin banyak orang download, semakin banyak email list yang didapatkan.

Semakin banyak orang download, maka juga semakin banyak orang yang mengetahui website kita, yang nantinya orang-orang tersebut bisa berpotensi mengunjungi kembali website kita (bisa menjadi pembaca loyal).

9. Mengundang Guest Blogger

Jika cara sebelumnya adalah menjadi Guest Blogger, maka cara berikut ini adalah kita mengundang para Guest Blogger. Sama seperti Guest Blogging, mengundang Guest Blogger di website kita juga bisa membantu mendapatkan email list. Jika kita bisa memilih orang yang tepat, maka website kita bisa menarik beberapa traffic dari pembaca mereka, contoh saja website Hipwee.

10. Menggunakan Long-Tail Keyword, Membantu Meningkatkan Traffic Website

Kompetisi di mesin pencari sudah terlalu banyak, pencarian apapun tentu memiliki kompetisinya sendiri-sendiri, bahkan hampir tidak mungkin untuk bersaing di dalamnya, namun tentu saja masih ada cara. Kita bisa menggunakan Long-Tail Keyword untuk menargetkan para Audience yang tepat untuk website kita.

Caranya mendapatkan Long-Tail Keyword bagaimana? Kita bisa ketikan kata kunci pendek terlebih dahulu di Google. Contoh saja, “Hotel Bagus”

Lalu, kita scroll kebagian bawah mesin pencari. Maka kita akan disuguhkan berbagai kata kunci Long-Tail Keyword yang bisa digunakan untuk membantu mendatangkan traffic ke website agar bisa menghasilkan banyak email list.

Selain cara diatas, bisa juga kita menggunakan Google Keyword Planner untuk mendapatkan Long-Tail Keyword.

11. Sering Membuat Konten di Website

Jika kita perhatikan, website yang mempunyai banyak traffic memiliki banyak konten di dalamnya. Jika kita bisa membuat konten setiap hari, bisa saja website kita mendapatkan traffic yang sangat besar. Konten bukan hanya artikel, konten bisa berupa gambar, video, dan lainnya.

Untuk media promosi, bisa kita gunakan sosial media, atau website forum. Semakin banyak dipromosikan suatu konten, semakin banyak potensi email list yang akan terjaring.

12. Membuat Internal Linking

Salah satu cara yang baik untuk menghasilkan traffic lebih banyak, guna mendapatkan banyak email list, kita tentu bisa menggunakan Internal Linking di website kita. Hubungkan posting satu dan lainnya yang berhubungan dengan topik yang dibahas.

Aturannya bisa seperti ini, kita buat 3 artikel yang membahas topik (katakan saja topik A, B, dan C), topik A, B, C tersebut saling berhubungan. A berhubungan ke B, dan B berhubungan ke C, sementara optin form yang kita pasang, bisa ditaruhkan ke B atau ke C. Semakin konten yang dibuat membuat orang penasaran, maka semakin besar orang lain akan subscribe email mereka ke email list kita.

Hanya saja dalam hal ini kita juga perlu memberikan sebuah value untuk sesuatu yang kita tawarkan kepada pengunjung apabila mereka melakukan subscribe.

13. Memanfaatkan Kolom Komentar di Website

Kolom komentar tentu saja bisa berguna untuk mendapatkan email list dari banyak orang yang berkomentar di website kita. Coba perhatikan saat ada orang yang berkomentar di salah satu konten website kita, tentu dalam kolom komentar tersebut terdapat kotak email yang harus diisi oleh orang yang ingin berkomentar.

Dengan adanya hal tersebut, orang yang berkomentar bisa menuliskan apa yang mereka komentari, dan kita juga bisa mendapatkan data email mereka. Namun hanya saja kita perlu pintar memilih email mana yang kita masukan ke email list kita dan mana yang tidak, komentar SPAM lebih baik diabaikan atau dihapus.

14. Melakukan Riset dan Testing

Tidak ada cara yang paling tepat untuk meningkatkan traffic selain melakukan riset dan mencobanya sendiri, kita tidak akan pernah tahu bahwa cara ini atau cara itu akan bekerja apabila tidak kita riset dan test terlebih dahulu.

Salah satu cara yang bagus dengan menggunakan SEMRush untuk menemukan keyword apa dari kompetitor yang mendapatkan traffic paling banyak untuk websitenya.

Leave a comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *