Segmentasi Pasar Facebook Ads

1425982243_003386a9

Facebook ads adalah simbol keakuratan segmentasi pasar yang luar biasa. Segmentasi pasar ini anda mengelompokkan pasar sasaran karena mempunyai kesamaan diantaranya. Segmentasi pasar, menurut Philip Kotler, dibagi menjadi 3, yaitu geografi, demografi, dan psikografi. ketiga ini anda dapat menemukannya di facebook ads.

Segmentasi geografi itu membagi pasar ke dalam wilayah, bisa berdasarkan negara, negara bagian (states), distrik, kabupaten, kota, kecamatan, bahkan sampai ke desa. Segmentasi geografi ini dilakukan dengan memandang bahwa kebutuhan/keinginan warga kota tersebut akan sama karena kesamaan geografi yang dimilikinya.

Segmentasi demografi, membagi pasar berdasarkan umur, gender, status perkawinan, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, sampai dengan ras. Umur 18-26 tentu saja berbeda kebutuhan dengan 55-64. Laki-laki juga akan membutuhkan barang/jasa yang berbeda dibandingkan dengan perempuan.

Yang terakhir, segmentasi psikografi, membagi pasar ke dalam kondisi psikologisnya. Misalnya dengan membagi ke kelas sosial atau life style nya. Kelas sosial yang A+ (kaya), secara psikologis akan membeli barang untuk pemenuhan ego/gengsinya, bukan untuk pemenuhan kebutuhan akan fungsi barang tersebut. Bahasa yang paling mudah untuk menggambarkannya adalah orang kaya membeli ballpoint MontBlac (gengsi), orang biasa akan beli Pilot (fungsi).

Ketiga segmentasi ini menjadi satu di Facebook Ads. Berterima kasihlah kepada 1 Milyar penggunanya yang sudah secara sukarela memberikan data-data ini kepada Facebook. Terima kasih juga Facebook karena sekarang kita bisa beriklan di Afrika Selatan, Ghana, Brasil, Peru bahkan sampai Nepal; tanpa kita harus pergi kesana. Ini yang dinamakan laser targeted. Semakin tertarget, semakin bagus.

Leave a comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *