Tips Mengoptimalkan Iklan Di Facebook

Masih banyak orang yang kesulitan tentang bagaimana cara membuat iklan di Facebook. Kami melihat melalui data tren di Google bahwa masih ada ribuan orang yang mencari cara beriklan di Facebook Ads tentunya. Lalu, apakah anda juga termasuk orang yang sedang mencari tahu bagaimana cara membuat iklan di Facebook?

Kalau anda iya sedang mencari cara bagaimana membuat iklan di Facebook, maka Selamat! Anda sudah menuju website yang pas untuk anda belajar bagaimana cara membuat iklan dengan mudah di Facebook. Disini kami akan berikan 7 langkah mudah bagaimana membuat iklan di Facebook beserta beberapa tips agar iklan anda lebih optimal saat dijalankan di Facebook Ads.

Untuk itu, mari kita simak tahapan demi tahapan berikut ini tentang bagaimana cara membuat iklan di Facebook.

Tahap 1 : Membuat Iklan di Facebook Untuk Pertama Kali

screenshot_1

Masuklah ke menu iklan seperti di gambar. Jika belum pernah membuat iklan sebelumnya, maka disana akan tertulis ‘Beriklan di Facebook’.

Tahap 2 : Pilihlah Optimasi Yang Baik Untuk Iklan Anda

Pilih optimasi mana yang bagus untuk iklan anda, tentunya harus berkaitan dengan apa yang anda iklankan. Seperti contoh anda mengiklankan sebuah aplikasi, maka anda pilihlah optimasi iklan yang membuat banyak orang menginstal aplikasi anda.

screenshot_2

Berikut ini adalah beberapa keterangan dari pilihan-pilihan yang bisa anda pilih untuk mengoptimasi iklan anda di Facebook:

1. Boos Your Post (Iklan Objektif Page Post Engagement) = Untuk mempermudah post agar cepat dilihat oleh banyak orang.
Tips: Konten iklan perlu menggunakan gambar yang menarik, seperti kontras dengan gambar-gambar yang lain di Facebook. Tentu anda juga perlu membuat Headline yang menarik, singkat namun berdampak sehingga membuat orang mudah untuk klik iklan anda.

2. Promote Your Page = Untuk Mempromosikan Fanpage Facebook.
Tips: Pastikan saat mempromosikan Fanpage, Fanpage Facebook anda haruslah berkualitas, atau minimal sudah berisikan info-info yang berguna dan juga informatif, bisa juga berisikan video yang menarik, sehingga orang lain secara percuma like Fanpage Facebook anda.

3. Send People to Your Website (Iklan Objektif Click to Website) = Fungsinya untuk membuat website kita lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung. Sama halnya dengan poin pertama, tentunya kita harus membuat Headline dan juga gambar yang menarik sehingga mudah menarik perhatian pengguna Facebook saat iklan kita sedang dijalankan.

4. Increase Conversions on Your Website (Iklan Objektif Website Conversion) = Sama seperti poin ketiga, namun ini untuk memperbanyak konversi yang terjadi di website kita.

5. Get Installs of Your App = Mempercepat aplikasi yang kita promosikan di Facebook bisa digunakan banyak orang. Seperti membuat banyak pengguna Facebook menginstal aplikasi anda.

6. Increase Engagement in Your App = Sama seperti poin pertama, namun ini khusus untuk aplikasi yang kita promosikan di Facebook.

7. Reach People Near Your Business = Mempercepat pemberitahuan atau memberitahukan tentang bisnis yang kita kelola bahwa bisnis kita ada di dekat mereka.

8. Raise Attendance At Your Event = Mempercepat undangan acara yang anda buat untuk bisa dilihat oleh banyak orang.

9. Get People to Claim Your Offer = Mempercepat orang lain yang berada di Facebook melihat penawaran yang sedang kita tawarkan ke mereka, biasanya ini digunakan untuk anda yang mempunyai produk jual dan ingin produk anda laris serta dikenal banyak orang.

Tips: Pastikan saat memberikan Headline untuk iklan ini, sertakan Diskon produk jual anda atau bonus-bonus yang berkaitan dengan produk anda. Biasanya orang lebih tertarik dengan Headline yang menyertakan Diskon, ‘Gratis Coba Selama 7 Hari’ atau Bonus yang menarik untuk para calon pelanggan anda.

10. Get Video Views = Sama halnya dengan poin pertama, namun ini khusus untuk video, mempercepat tampilan video yang kita buat agar dilihat oleh orang lain. Biasanya ini digunakan untuk iklan produk dengan konten iklan berupa video, atau bisa iklan dukungan atau bantuan untuk donasi yang memerlukan kesadaran masyarakat (video biasanya tentang cerita sesuatu hal), dan masih banyak lagi hal yang bisa di iklankan pada kategori video ini.

Jadi, banyak sekali bukan pilihan optimasi iklan di Facebook? Saran kami gunakan satu pilihan yang terbaik untuk iklan anda. Tentunya itu kembali kepada seperti apa iklan yang akan anda iklankan di Facebook.

Tahap 3: Gunakan Fanpage Anda Untuk Beriklan

Disini kami menggunakan pilihan ‘Post Engagement’.
Buatlah nama untuk iklan anda di Facebook. Saran kami tentunya buatlah nama yang bagus dan mudah di ingat, singkat dan padat.

screenshot_3

Tahap 4: Tentukan Target Iklan Anda

Disini saatnya anda tentukan target iklan anda agar iklan anda bisa lebih optimal, selain itu iklan anda juga bisa lebih tertarget kepada siapa iklan anda ditujukan. Berikut ini keterangannya:

screenshot_4

Disini kita perlu tentukan biaya iklan kita, berikut pengertiannya:

  • Location = Negara tujuan untuk menampilkan iklan kita di Facebook.
  • Age = Target usia yang dapat melihat iklan kita (pastikan iklan kita sudah tepat sesuai umur).
  • Gender = Target iklan kita berdasarkan gender.
  • Languages = Target iklan berdasarkan bahasa yang digunakan di Facebook.
  • Interests = Ketertarikan orang akan sesuatu hal di Facebook. Isikan ketertarikan berdasarkan iklan kita. Misalkan kita iklan sepatu, maka kita isikan ketertarikan nya adalah sepatu, atau bisa juga merk sepatu seperti N*ke, Ad*das, P*ma, dan lainnya.
  • Behaviors = Kebiasaan yang pengguna Facebook lakukan.
  • Connections = Ini bisa bermacam-macam kita gunakan, misalkan seperti iklan kita ingin ditampilkan untuk orang yang like Fanpage A maka kita buat koneksinya menjadi hanya orang yang like Fanpage A yang paling sering melihat iklan tersebut.

Tahap 5: Tentukan Biaya Iklan

 

fb-ads-5

  • Disini kita perlu tentukan biaya iklan kita, berikut pengertiannya:
    Budget = Minimal biaya iklan di Facebook adalah 10000, maka paling tidak kita isikan biaya iklan kita adalah 50000 sampai lebih agar jangkauan iklan kita semakin banyak. Namun jika anda mempunyai biaya iklan yang lebih banyak, maka anda bisa memasukkan biaya iklan sebesar biaya yang anda punya.
  • Schedule = Untuk menjadwal waktu tampil iklan kita di Facebook.
  • Optimize For = Ini menu pilihan, seperti cara optimasi iklan anda. Untuk anda yang ingin membayar saat iklan anda di klik, maka anda pilih kategori CPC, namun jika iklan anda hanya mengutamakan tampilan, maka anda hanya perlu pilih kategori ‘Post Engagement’ saja.
  • Ad Scheduling = Ini adalah menu untuk menjadwal iklan kita, misalkan anda memiliki biaya iklan (lifetime budget), maka anda bisa menggunakan fitur ini untuk menjadwal tampilan iklan anda, seperti iklan hanya tampil saat hari sabtu dan minggu atau hanya jam-jam tertentu saja.
  • Delivery Type = Kami rasa untuk menu ini tidak perlu diubah, kita biarkan menu ini seperti biasa menurut rekomendasi dari Facebook.
  • Ad Set Name = Ini adalah nama Ad Set kita, biasanya saat kita membuat iklan, maka kita juga akan membuat 1 Ad Set, dan 1 Ad Unit.

Tahap 6: Jadikanlah Konten Iklan Anda Menarik

Disini kita bisa melihat tampilan iklan kita seperti apa saat nanti akan dijalankan di Facebook. Disini kita juga bisa memilih beberapa penempatan iklan kita agar iklan kita bisa lebih optimal dan juga tentunya menguntungkan untuk kita. Berikut ini pengertian bagian-bagiannya:

sc-6

  • Ad Preview = Ini adalah tampilan iklan kita nanti saat dilihat oleh pengguna Facebook yang sesuai target iklan kita. Kita juga bisa memilih penempatan iklan sesuai keinginan kita, misalnya iklan hanya ditempatkan di ‘Dekstop News Feed’, maka kita bisa remove ‘Mobile News Feed’ dan ‘Dekstop Right Column’ agar iklan kita tidak dimunculkan pada tempat tersebut.
  • Conversion Tracking = Kita bisa membuat tracking untuk iklan kita, untuk mengetahui statistik iklan kita yang sedang berjalan di Facebook, seperti dari berapa orang yang klik iklan kita, dan lainnya.

Sejauh ini kita sudah membuat iklan yang benar-benar bagus dan tentunya akan optimal apabila kita membuat konten iklan kita lebih menarik dari iklan-iklan yang lain yang berada di Facebook. Lalu, apakah sampai disini saja cara membuat iklan di Facebook? Belum!, berikut inilah tahapan yang paling terakhir, Yaitu…

Tahap 7: Kirimkan Iklan Anda Ke Facebook

Setelah anda membuat iklan di Facebook mulai dari konten dan target iklannya, maka hal terakhir adalah mengirimkan iklan tersebut ke Facebook. Dan pastinya iklan kita harus menunggu terlebih dahulu persetujuan dari Facebook untuk iklan kita dapat dijalankan dan ditampilkan di Facebook.

fb-ads-7
Iklan dapat mudah diterima dan dapat juga mudah ditolak, tergantung konten iklan seperti apa yang kita buat. Sebelum anda membuat iklan di Facebook, pastikan anda membaca peraturan-peraturan serta kebijakan beriklan di Facebook. Kunjungi Ini Kebijakan Periklanan Facebook untuk belajar dan melihat ketentuan-ketentuan beriklan seperti apa saja yang ada di Facebook.

Leave a comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *